Image: Makanan pemicu batu ginjal (alodokter.com)
Organ ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki perang penting dalam tubuh manusia. Ginjal berguna untuk menyaring dan mengeluarkan limbah yang tidak berguna bagi tubuh. Setiap harinya, kedua organ yang berada di kedua sisi tulang belakang tersebut  bekerja menyaring lebih dari 200 liter darah dan limbah tubuh sebelum keluar dari tubuh dalam bentuk urine.
Akan tetapi, mengkonsumsi makanan tertentu juga bisa mengakibatkan batu ginjal yang akhirnya bisa memperburuk fungsi ginjal. Berikut enam makanan yang bisa sebabkan batu ginjal di tubuh dikutip merdeka.com dari activebeat.com (06/04/2015).
1. Kafein


Image: Makanan pemicu batu ginjal (hellosehat.com)
Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan bisa mengarah pada pengembangan batu ginjal. Sebab kadar kalsium yang tinggi dalam urine. Hal ini juga bisa memicu gagal ginjal karena terdapat stimulan yang bisa membuat organ tersebut kelelahan. Minuman yang mengandung kefein seperti kopi, teh dan soda.

2. Pemanis buatan


Image: Makanan pemicu batu hinjal (lagizi.com)
Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa pemanis yang non-kalori bisa merusak fungsi organ ginjal, bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pilihlah pemanis alami seperti madu.
3. Daging


Image: Makanan pemicu batu ginjal (sedapkuliner.com)
Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani bisa mendorong terjadinya batu ginjal dan kerusakan organ ginjal. Mengkonsumsi makanan tinggi protein bisa memicu tekanan pada ginjal karena limbah protein tersebut sulit untuk dibuang. Yang perlu kamu ketahui, daging juga tinggi asam urat yang menjadi salah satu penyebab umum dari batu ginjal.
4. Sarden


Image: Makanan pemicu batu ginjal (ratukuliner.com)
Bila kamu rentan terhadap batu ginjal, kamu wajib membatasi konsumsi makanan tinggi purin yaitu senyawa organik yang bisa meningkatkan aroma. Sebaiknya batasi mengkonsumsi sarden karena tinggi purin.
5. Minuman berkarbonasi



Image: Maknanan pemicu batu ginjal (intisari.grid.id) 
Minuman yang berkarbonasi juga akan menambah risiko terkena batu ginjal dan bahkan bisa mengakibatkan risiko penyakit ginjal. Contoh minuman berkarbonasi yaitu soda,minuman energi dan jus dalam kemasan.
6. Produk susu


Image: Makanan pemicu batu ginjal (health.liputan6.com)
Produk susu yang mengandung tinggi kalsium memang baik untuk membuat tulang semakin kuat. Akan tetapi, bagi mereka yang rentan terkena batu ginjal, kalsium bukanlah baik bagi mereka. Bahkan, kalsium bisa meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga kumpulan limbah lebih sulit untuk terbuang bahkan bisa membentuk batu ginjal.
Itulah enam jenis makanan yang bisa memicu terjadinya batu ginjal. Oleh karena itu batasi makanan tersebut untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal.